Latest News

Merancang Pagar Rumah Minimalis

Pagar rumah minimalis merupakan bagian yang tak terpisahkan dari desain eksterior maupun desain rumah. Apalagi pagar merupakan bagian terdepan dari rumah, sehingga penting sekali untuk direncanakan sejak awal. Selain berhubungan dengan faktor keamanan, model pagar juga dapat mencerminkan rasa estetika penghuni atau pemilik rumah.

Bagaimana memilih model pagar rumah minimalis yang ideal? Umumnya, ketinggian pagar yang dijadikan sebagai ukuran adalah sepertiga dari tinggi fasad rumah, atau sekitar 1,5 meter. Ketinggian ini diukur agar tidak menghalangi sirkulasi udara maupun pencahayaan dari matahari. Apalagi kalau desain rumah anda menghadap ke timur, sehingga pagar yang terlalu tinggi justru akan merugikan anda sendiri.

Namun kalaupun ada pertimbangan lain sehingga pagar dibuat lebih tinggi, maka usahakan juga agar komposisi terhadap rumah tetap seimbang, sehingga desain rumah tidak akan tenggelam. Begitu juga untuk rumah minimalis, bentuk pagar anda dapat dibuat sederhana namun fungsional.

desain pagar rumah minimalis

contoh pagar rumah minimalis

bentuk pagar rumah minimalis

model pagar rumah minimalis

pagar rumah minimalis


Begitu juga untuk material dalam membuat pagar rumah, anda dapat memanfaatkan berbagai bahan yang ada. Baik dari kayu, tembok bata, teralis besi, ataupun pagar berupa tanaman hidup. Anda pun tidak perlu harus membeli material yang mahal karena banyak bahan yang lebih murah tanpa mengurangi fungsi keamanan penghuni maupun unsur estetikanya. Karena itu silahkan melakukan ekspresimen dan mengeksplorasi berbagai material yang ada untuk pagar rumah minimalis anda dan sesuaikan dengan desain rumahnya.